Skip to main content
x
Alexander berharap KPK dapat fokus melakukan pemberantasan korupsi pada praktik-praktik yang merusak sistem tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik, Kamis 28/3/24 (Foto:Syfarindani)

Rakor Nasional Pencegahan Korupsi Daerah Dan Peluncuran MCP 2024 Diikuti Inspektur Daerah Kabupaten Kaur

Indonesiaraja.com, Bengkulu - Inspektur Daerah Kabupaten Kaur, Harika S.E beserta staf Inspektorat Kabupaten Kaur mengikuti Rakor Nasional Pencegahan Korupsi Daerah dan Peluncuran MCP Tahun 2024 secara virtual yang diselenggarakan oleh Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK. Rapat ini berlangsung di Aula Lantai III Setda Kabupaten Kaur, Rabu (27/03/2024).

Wakil ketua KPK Alexander Marwata menerangkan bahwa tantangan utama dalam upaya pemberantasan korupsi saat ini adalah mengatasi korupsi dalam skala kecil. Menurutnya, masih banyak pejabat publik yang melakukan tindakan penyalahgunaan yang sering kali disertai dengan praktik memberi imbalan sebagai bentuk terima kasih. Alex menegaskan bahwa hal ini adalah sebuah kebiasaan yang salah.

Kemudian Alexander berharap KPK dapat fokus melakukan pemberantasan korupsi pada praktik-praktik yang merusak sistem tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik. Untuk itu, Kedeputian Bidang Koordinasi dan Supervisi (Korsup) KPK bersama Kemendagri dan BPKP menjalankan program koordinasi pemberantasan korupsi melalui Monitoring Center for Prevention (MCP).

“Dengan adanya MCP, kita dapat memetakan titik rawan korupsi di setiap daerah dan membantu identifikasi titik-titik rawan yang perlu ditingkatkan pengawasannya agar korupsi dapat terhindarkan,” Kata Alex.

Diakhir pemaparan, Alexander berpesan kepada seluruh pemerintah daerah untuk dapat memperkuat komitmennya dalam upaya pencegahan korupsi. Dia menekankan bahwa sinergi dan kerjasama antara seluruh instansi serta partisipasi aktif masyarakat merupakan elemen penting yang diperlukan dalam perjuangan melawan korupsi. 

“tanggung jawab untuk memberantas korupsi tidak hanya ada pada KPK, tetapi juga merupakan tanggung jawab bersama seluruh warga negara Indonesia” tutupnya.

 

 

Reporter : Syafrindani

Editor : Nora Fransiska